PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI
Transportasi darat
Sebelum orang mengenal peralatan transportasi,
perhubungan dari satu tempat ke tempat lain dilakukan dengan jalan kaki,
sedangkan untuk mengangkut barang-barang atau hasil buruan dengan memanggulnya
di bahu. Setelah akal manusia berkembang barang-barang diangkut dengan
menggunakan gelondongan kayu yang bulat yang dapat digulirkan dengan mudah.
Seiring dengan perkembangan zaman, manusia mulai
menemukan cara baru untuk membantu dan mempertahankan hidup. Mereka mulai
memanfaatkan beberapa jenis binatang seperti unta, keledai, kuda, lembu dan
anjing. Setelah roda ditemukan, manusia kemudian membuat kereta barang dan
kereta penumpang yang ditarik oleh hewan.
Pada perkembangan selanjutnya berkembang angkutan roda
dua tanpa mesin yang disebut sepeda yang ditemukan oleh Baron Drais.
Kemudian Ernest dan Pierre Michaux memadukan sepeda temuan Baron
Drais dengan mesin uap temuan James Watt sehingga menghasilkan
sepeda motor. Kemudian berkembang muncullah mobil. Mobil pertama dibuat di
Jerman pada tahun 1880 oleh Carl Benz, Henry Ford dan Suzuki. Dari sepeda motor
dan mobil sederhana berkembang menjadi berbagai macam mobil mewah dan sepeda
motor modern.
Angkutan darat lainnya adalah kereta api. Zaman dulu
lokomotif digerakkan dengan mesin uap. Uap air diperoleh dengan memanaskan air
yang ada di dalam ketel besar. Bahan bakar yang digunakan untuk lokomotif
bermesin uap adalah batu bara atau kayu bakar. Sekarang kereta api digerakkan
dengan mesin diesel atau tenaga listrik.
Transportasi air
Alat transportasi air adalah alat transportasi yang
digunakan di sungai, danau, dan laut. Jenis angkutan air dapat kita kelompokkan
menjadi dua, yaitu alat transportasi air bermesin dan alat transportasi tidak
bermesin.
Alat transportasi yang dipakai di sungai, danau dan
laut antara lain :
A. Kano (sebuah
perahu kecil dan sempit, yang
biasanya digerakkan dengan tenaga manusia, tapi juga lazim diberi layar. Kano
biasanya lancip pada kedua ujungnya dan terbuka di bagian atasnya).
B. Rakit
(susunan benda yang mengapung yang datar untuk perjalanan di atas air; dan
merupakan rancangan perahu
paling dasar, yang cirinya tak memiliki lambung).
C. Perahu (Perahu adalah kendaraan air dari berbagai ukuran yang dirancang
untuk mengapung atau mengambang, digunakan untuk bekerja atau melakukan
perjalanan di atas air. Perahu kecil biasanya ditemukan di pedalaman ( danau )
atau di wilayah pesisir dan banyak juga ditemukan di sungai).
D. Kapal(Kapal adalah kendaraan
pengangkut penumpang dan barang di laut,sungai,dsb.Seperti
halnya sampan
atau perahu
yang lebih kecil. Kapal biasanya cukup besar untuk membawa perahu
kecil seperti sekoci.
Sedangkan dalam istilah inggris, dipisahkan antara ship yang lebih besar dan boat yang lebih kecil. Secara kebiasaannya kapal dapat membawa
perahu tetapi perahu tidak dapat membawa kapal).
Sebelum mesin uap ditemukan, kapal digerakkan dengan
layar dan dayung. Jadi orang dulu berlayar bergantung pada angin, sehingga
untuk berlayar memerlukan waktu yang lama sekali. Sekarang kapal sudah
digerakkan dengan mesin diesel, mesin uap dan ada kapal yang digerakkan dengan
tenaga nuklir.
Menurut fungsinya, ada bermacam-macam jenis kapal :
- Kapal barang, kapal khusus untuk mengangkut barang-barang seperti mobi, beras,kontainer, dan sebagainya.
- Kapal penumpang, kapal khusus untuk mengangkut penumpang.
- Kapal tanker, kapal khusus untuk mengangkut minyak, gas pelumas, solar, bensin.
- Kapal perang, kapal khusus digunakan oleh angkatan laut untuk berperang.
- Kapal jenis ini dilengkapi dengan senjatasenjata dan meriam. Bahkan ada kapal yang dapat dipakai untuk mengangkut pesawat.
- Kapal tunda, kapal yang digunakan untuk memandu kapal-kapal besar waktu masuk ke pelabuhan atau keluar pelabuhan.
- Kapal ikan, kapal yang digunakan para nelayan khusus untuk menangkap ikan.
- Kapal riset, kapal yang digunakan oleh para ahli atau peneliti untuk meneliti kehidupan laut.
Urusan transportasi laut diatur oleh Dirjen Perhubungan
Laut dibawah naungan Departemen Perhubungan. Perusahaan pemerintah yang
mengelola transportasi laut adalah PT Pelni dan Perum ASDP. Pelni singkatan
dari Pelayaran Nasional Indonesia. ASDP singkatan dari Angkutan Sungai Danau
dan Penyeberangan.
Transportasi udara
Alat transportasi udara adalah transportasi/kendaraan
manusia yang mampu terbang di udara. Ada macam-macam alat transportasi udara,
ada pesawat udara, balon udara dan helikopter.
Balon udara pertama kali dibuat pada tahun 1783. Balon
udara ini bisa terbang karena diberi udara panas. Udara panas berasal dari
hidrogen yang terbakar. Sebagai gantinya orang sekarang memakai helium yang
tidak mudah terbakar.
Kapal udara sebenarnya balon udara yang berbentuk
mentimun. Kapal udara digerakkan dengan mesin. Supaya kapal udara ini dapat
melayang balon udaranya diisi gas helium. Dibagian bawah balon ada ruangan
untuk penumpang namanya gondola.
Alat transportasi udara yang lebih modern lagi adalah
pesawat udara. Dalam bahasa Inggris disebut aircraft.
Aircraft
dapat terbagi dalam banyak jenis dan tipe. Berikut jenis-jenis aircraft
secara umum yang terbagi atas 10 macam transportasi udara:
Pesawat penumpang sipil (Inggris: airliner) adalah
pesawat terbang atau pesawat udara yang digunakan untuk mengangkut penumpang
sipil beserta bagasi dan kargo (dengan kapasitas tertentu). Syarat-syarat
mengenai pengangkutan sipil diatur dalam undang-undang, baik pemerintah maupun
internasional melalui lembaga PBB bernama ICAO (International Civil Aviation
organization).
Pesawat yang mendarat di air seperti di pantai,
sungai, danau, atau laut.
Adalah pesawat sayap tetap dengan
dua sayap utama yang ditumpuk satu di atas yang lain. Pesawat pertama
yang terbang, yang Flyer Wright , menggunakan desain biplan, seperti melakukan
sebagian besar pesawat di tahun-tahun awal penerbangan .
Sementara struktur sayap biplane memiliki keunggulan
struktural lebih monoplane, itu menghasilkan lebih tarik dari unbraced sama
atau kantilever monoplane sayap.
Tandem sayap desain berbeda dalam satu dari dua sayap
ditempatkan depan dan belakang lainnya, sehingga tidak ada horizontal
stabilizer diperlukan.
Pesawat terbang Glider adalah pesawat yang lebih berat
dari udara didukung dalam penerbangan oleh reaksi angkat dinamis udara terhadap
permukaan, serta penerbangan yang bebas tidak tergantung pada mesin.
Sebagian besar pesawat jenis ini dimaksudkan untuk
operasi rutinitas tanpa mesin, meskipun kegagalan mesin dapat memaksa jenis
pesawat untuk menjadi glider.
Beberapa glider memiliki mesin untuk memperpanjang
penerbangan mereka, dan beberapa memiliki mesin cukup kuat untuk memulai ke
udara.
Adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara,
bersayap putar yang rotornya digerakkan oleh mesin.
Helikopter merupakan pesawat udara yang mengangkat dan
terdorong oleh satu atau lebih rotor (propeller) horizontal besar. Helikopter
diklasifikasikan sebagai pesawat bersayap putar untuk membedakannya dari
pesawat bersayap tetap biasa lainnya. Kata helikopter berasal dari bahasa
Yunani helix (spiral) dan pteron (sayap).
Helikopter yang dijalankan oleh mesin diciptakan oleh
penemu Slovakia Jan Bahyl.Dibandingkan dengan pesawat bersayap tetap ,
helikopter lebih kompleks dan lebih mahal untuk dibeli dan dioperasikan,
lumayan lambat, memiliki jarak jelajah dekat dan muatan yang terbatas.
Sedangkan keuntungannya adalah gerakannya; helikopter
mampu terbang di tempat, mundur, dan lepas landas dan mendarat secara vertikal.
Terbatas dalam fasilitas penambahan bahan bakar dan beban/ketinggian,
helikopter dapat terbang ke lokasi mana pun, dan darat di mana pun dengan
lapangan sebesar rotor dan setengah diameter. Landasan helikopter disebut
helipad.
Adalah pesawat militer yang dirancang untuk menyerang
pesawat lain di udara. Berbeda dengan pesawat pengebom, yang dirancang untuk
menyerang target di permukaan. Pesawat tempur relatif lebih kecil, cepat, dan
lincah.
Pesawat tempur awalnya dikembangkan pada Perang Dunia
I untuk menghadapi pesawat pengebom dan balon udara yang mulai lazim digunakan
untuk melakukan serangan darat dan pengintaian.
Pesawat tempur pertama awalnya berupa pesawat sayap
ganda kayu yang diberi senapan mesin ringan.
Pada Perang Dunia II, pesawat tempur lebih banyak
dibuat dari logam, bersayap tunggal, dan menggunakan senapan mesin yang
tertanam pada sayap. Setelah Perang Dunia II, mesin turbojet mulai menggantikan
mesin piston, dan peluru kendali mulai digunakan untuk menggantikan senapan
mesin sebagai senjata utama.
Klasifikasi pesawat tempur dibuat berdasarkan generasi.
Penggunaan generasi ini awalnya digunakan petinggi pertahanan di Rusia, yang
menyebut F-22 Raptor Amerika Serikat sebagai pesawat tempur "generasi
kelima".
Pesawat tempur adalah pesawat yang digunakan untuk
perang di udara. Umumnya pesawat tempur berbentuk ramping, dapat bergerak
lincah, membawa canon (senapan mesin) serta rudal dan bom, berkecepatan tinggi,
dilengkapi dengan perlengkapan avionik yang lebih banyak daripada pesawat
sipil/penumpang seperti radar yang mampu mendeteksi lawan dalam jarak jauh
serta mengunci sasaran lawan. Terlebih lagi dilengkapi dengan peralatan
pengecoh dan pengacau radar, sampai berkemampuan "siluman".
Sebuah pesawat aerobatic merupakan Aerodyne (lebih
berat daripada udara pesawat ) yang digunakan dalam aerobatik , baik untuk
pameran penerbangan dan kompetisi aerobatic.Pesawat ini dirancang dengan tujuan
menjadi sebagai dekat dengan ideal untuk aerobatik, dengan fokus terutama pada
manuver.
Adalah pesawat yang memiliki berat lepas landas Berat
maksimum dari 5.670 kg atau kurang.Banyak pesawat ringan digunakan secara
komersial untuk penumpang dan angkutan barang , jalan-jalan, fotografi dan
peran serupa lainnya serta penggunaan pribadi.
Sebuah pesawat atau balon adalah jenis aerostat atau
lebih ringan dari pesawat udara yang dapat dikemudikan dan didorong melalui
udara dengan menggunakan kemudi dan baling-baling atau lainnya dorong
mekanisme. Pada awal balon, gas lifting yang digunakan adalah hidrogen ,
meskipun kekhawatiran yang meluas karena mudah terbakar nya.
Balon terbang atau udara merupakan sejenis pesawat
terbang, sebuah balon yang dipompa dengan udara. Balon terbang dapat mengambang
di udara karena daya apungnya.
Awalnya, udara yang dipompakan itu adalah hidrogen.
Karena risiko ledakan, sekarang gas mulia helium digunakan sebagai media
penggerak.
Penggunaan balon terbang terorganisir diketahui dari
saat pengepungan Paris pada tahun 1870 untuk mengirim kurir dari kepungan
tersebut. Saat itu dikirimkan 60 balon. Salah satu balon tersebut, Ville de
Orléans, melenceng dari jalur dan tiba di sekitaran Lifjell, Telemark.
Keunggulan alat transportasi masa lalu (tradisional)
dengan alat transportasi masa kini (modern)
Transportasi masa lalu
|
Transportasi masa kini
|
Keunggulan :
Peralatan sederhana
Memanfaatkan tenaga manusia, hewan
dan kekuatan alam
Biaya atau harga relatif sangat
murah
Tidak memerlukan jalan yang
memadai
Tidak menimbulkan bahaya, polusi
dan hemat energi
|
Keunggulan :
Mempunyai kecepatan yang tinggi
Bentuk, model dan warna sangat
bagus
Memperlancar usaha dan rencana
manusia
Teknologi sangat canggih
|
Kelemahan :
Ala-alat mudah rusak
Bergantung pada alam
Kekuatan kurang baik
|
Kelemahan :
Harga relatif mahal
Resiko kecelakaan lebih tinggi
Menimbulkan pencemaran udar,
suara, dan lingkungan
Membutuhkan jalan dan jembatan
yang memadai
Bahan bakar terdiri dari bahan
tambang yang tak dapat diperbarui
|
0 komentar:
Posting Komentar